Berikan Kontribusi Kepada Pemda Merauke, BNI Luncurkan Program E-parkir

KBRN, Merauke : Pemerintah Kabupaten Merauke melaunching Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.


Launching yang berlangsung di halaman Kantor Badan Pendapatan daerah Kabupaten Merauke itu dihadiri Bupati Dra. Romanus Mbaraka, MT dan jajaran Opd serta institusi teknis lainnya.


Ketua Tim ETPD Merauke Ruslan Ramli mengatakan sesuai keputusan Presiden RI Nomor 3 tahun 2021 bahwa daerah wajib membentuk TP2D, dan itu sudah dilakukan melalui Surat Keputusan pembentukan Tim TP2D Merauke yang mana Sekretaris Daerah ditunjuk sebagai Ketua Tim Harian TP2D.


Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya sudah membuka Festival Kopi dan Kuliner dengan melakukan uji coba penggunaan elektronisasi transaksi terkait digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi daerah yang mana terbukti lebih mudah, efisien dan dijamin akuntabilitas nya.


" Oleh karena itu kita berharap bahwa seluruh transaksi Pemerintah Daerah terutama yang berkaitan dengan pajak dan retrbusi kita berharap seluruh UMKM dan pelaku usaha di Kabupaten Merauke sudah dapat menggunakan transaksi Non Tunai menggunakan aplikasi Mobile Banking dari Perbankan yang ada didaerah ini" Ungkap Ruslan Ramli, di Merauke Sabtu (19/11/2022).


Ruslan Ramli berharap di Pemerintah daerah seluruh transaksi baik pendapatan maupun belanja sudah tidak lagi menggunakan uang tunai dan target di tahun 2022 ini sebesar 30 persen dari Bank Indonesia dapat tercapai.


Sementara itu Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT mengungkapkan berbagai perkembangan kemajuan teknologi sudah semakin canggih, sehingga dengan menggunakan digitalisasi sistim masyarakat dapat menghindari berbagai tindak kejahatan, lebih efisien dan mudahmudah serta mengurangi hal yang tidak berkenan seperti kecurangan yang dapat terjadi selama melaksanakan intensifikasi dalam penerimaan pendapatan daerah.


" Merauke harus terus tumbuh, sejalan dengan diresmikannya Provinsi Papua Selatan suka tidak suka, dari sisi pembelanjaan sudah harus didukung dengan digitalisasi. Karena saat ini orang Merauke sudah menjadi orang yang modern dan mendunia, " Tegas Bupati Romanus mbaraka.


Ia berharap seluruh transaksi di Merauke yang akan dilakukan mulai dari akar rumput, ekonomi menengah dan ekonomi Rumah Tangga sudah diwajibkan menggunakan By Digital sehingga Kabupaten Merauke semakin berkembang dan maju.

 

sumber : https://www.rri.co.id/merauke/daerah/91771/launching-etpd-merauke-digitalisasi-pembayaran-pajak-dan-retribusi-daerahhttps://www.rri.co.id/merauke/daerah/91771/launching-etpd-merauke-digitalisasi-pembayaran-pajak-dan-retribusi-daerah